DALAM Kegiatan Penyesuaian Kurikulumyang dilaksanakan di Guci, Tegal, 15-16 Oktober 2020 telah dihasilkan RPS yang sudah direvisi oleh pengampu. Hasil revisi ini diselaraskan dengan tuntutan BAN-PT. Satu di antaranya adalah mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan. Misalnya ialah Kajian Budaya mengambil sari ayat tentang Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku (al-Hujurat (10) dan Pentingnya pemahaman yang komprehensif tentang ukhuwah (: ukhuwah ‘ubudiyyah, ukhuwah insaniyyah, ukhuwah wathaniyyah wa an-nasab, dan ukhuwah diniyyah). Keterampilan Berbahasa mengambil etika komunikasi dalam Islam (qaulan sadida (QS.4: 9), qaulan baligha (QS. An-Nisa: 63), qaulan ma’rufa (QS.An-Nisa: 5), qaulan karima (QS.Al-Isra: 23), qaulan layyina (QS. Thaha: 44), qaulanmaisura (QS. Al-Isra: 28). Untuk Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra difokuskan pada pembelajaran kooperatif yang di dalamnya ada pembentukan kelompok belajar dengan mengambil nama Nabi, nama masjid besar dunia, nama tokoh Islam, dan nama organisasi kemuhammadiyahan (Aisyiah, NA, Kokam, HW, dll.). Selain itu, diambil contoh cerita pada teks sebagai bahan pembelajaran diarahkan pada cerita para Nabi, perjuangan Rasulullah, seperti hijrah dan perjanjian Madinah. Pembelajaran dititikberatkan pada pembinaan guru dalam ranah afektif (sikap yang baik/ akhlakul karimah) dan humanis (sabar, ikhlas, bersyukur serta menjadikan siswa sebagai sahabat) (AS, 18/10/2020)